Kesehatan

Makanan untuk Gejala Tipes, Konsumsi ini Agar Cepat Sembuh

Resep Puding Cokelat Saus Vanili yang Legit Manisnya Klasik

Gejala tipes adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang bernama Salmonella Typhosa yang akan menyerang organ pencernaan atau usus manusia. Salah satu cara supaya cepat pulih dari penyakit yang satu ini selain meminum obat juga perlu menjaga pola makan.

Makanan atau cemilan untuk penderita tipes perlu yang gampang untuk dicerna oleh sistem pencernaan manusia. Tidak hanya itu, orang yang mengidap gejala tipes juga perlu banyak meminum air putih dan juga menyantap makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Makanan yang memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi juga sangat baik demi mempercepat proses pemulihan dari sakit gejala tipes. Pantangan hidang untuk orang yang mengidap gejala tipes merupakan makanan yang mengandung serat tinggi dan juga hidangan pedas.

Untuk sesaat, orang yang menderita gejala tipes juga perlu menyantap hidangan makanan yang lunak.

Berikut ini ada sejumlah makanan atau cemilan untuk penderita tipes yang baik untuk di konsumsi supaya lebih cepat pulih.

  1. Puding

Puding adalah salah satu cemilan untuk penderita tipes yang sangat direkomendasikan. Hidangan yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut pas untuk disajikan sebagai hidangan penutup. Anda dapat mengolah puding sendiri dengan beraneka rasa sesuai dengan selera masing masing.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan potongan buah supaya  rasanya lebih nikmat. Pada bagian dalam puding yang terasa manis memiki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Glukosa tersebut yang dapat menjadi sumber energi.

  1. Bubur atau Nasi Tim

Orang yang menderita gejala tipes lebih baik untuk menghindari menyantap nasi terlebih dahulu. Anda dapat mengubahnya menjadi nasi tim atau bubur.

Supaya tidak teras membosankan, Anda dapat mengkombinasikan potongan dada ayam ke dalam bubu atau nasi timr. Penggunaan kecap dan juga kaldu ayam dapat menghasilkan cita rasa yang lezat.

  1. Dada Ayam

Makanan untuk orang yang menderita gejala tipes berikutnya merupakan dada ayam tanpa adanya kulit. Dada ayam yang mengandung protein tinggi, terdapat sekitar 25 gram protein pada setiap 100 gram dada ayam.

Tidak hanya itu, dada ayam juga mengandung kalori yang tinggi yakni sekitar 170 Kkal untuk per 100 gramnya.

Tidak cuma mengandung tinggi protein dan juga kalori saja, dada ayam juga memiliki serat yang halus sehingga gampang untuk dicerna oleh sistem pencernaan manusia.

Lemak yang terkandung dalam dada ayam juga tergolong rendah sehingga aman untuk sistem pencernaan.

  1. Telur Ayam

Rekomendasi makanan untuk orang yang mengidap gejala tipes supaya cepat pulih berikutnya adalah telur ayam. Telur ayam adalah salah satu sumber protein dan juga omega 3 yang bagus untuk tubuh manusia.

Karena memiliki kandungan tersebut telur ayam baik demi membantu dalam proes mempercepat pemulihan gejala tipes. Untuk orang yang mengidap gejala tipes lebih baik menyantap telur rebus.

Hindari membuat telur ayam dengan menggunakan teknik digoreng atau dimasak dengan menggunakan banyak bumbu. Hidangan telur seperti itu dapat semakin memperparah kondisi sistem pencernaan orang yang mengidap gejala tipes.

  1. Ikan Salmon

Makanan yang baik untuk orang yang mengidap gejala tipes berikutnya adalah ikan salmon. Pada ikan salmon memiliki kandungan protein dan juga omega 3 yang tinggi. Karena kandungan tersebut ikan yang satu ini pas untuk menyembuhkan tubuh anda yang sedang mengidap sakit tipes.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Dari Rumah

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Dari Rumah

Emanuelsandhu – Pergeseran dari model kerja konvensional ke online yang kita alami di masa pandemi ini tentunya dapat mempengaruhi kesehatan mata. Pasalnya, banyak pekerjaan yang harus dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop atau perangkat lainnya, sehingga mata cepat lelah karena seharian bekerja sambil menatap layar perangkat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata selama bekerja dari rumah (WFH).

Perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan perangkat sejenis adalah alat yang umum digunakan oleh pekerja kantoran saat ini. Namun yang membedakan WFH adalah koordinasi dengan rekan kerja. Selama bekerja dari kantor (WFO), koordinasi kerja dapat dilakukan secara langsung dengan rekan kerja tanpa menggunakan alat bantu, sedangkan selama bekerja dari rumah, diperlukan perangkat untuk melakukan koordinasi tersebut. Banyak hal yang sulit disampaikan saat berkomunikasi dengan perangkat, sehingga kita membutuhkan lebih banyak waktu dengan perangkat tersebut agar pekerjaan dapat dilakukan sesuai keinginan. Kondisi ini sangat mempengaruhi mata para pekerja yang seharian berurusan dengan layar perangkat.

Mata adalah salah satu dari lima indera manusia yang terdiri dari komponen optik alami, saraf, dan otot mata. Komponen otot okular bertanggung jawab untuk menggerakkan mata sesuai dengan lensa manusia dan membantu komponen optik agar mata dapat fokus pada objek yang dilihat. Seperti halnya otot di seluruh tubuh manusia, otot mata juga bisa mengalami kelelahan (fatigue) jika melakukan aktivitas yang berlebihan. dalam hal ini, Anda menatap layar gadget untuk waktu yang lama. Selain itu, mata dapat menjadi lebih kering karena kurangnya frekuensi kedipan saat berkonsentrasi bekerja dengan perangkat. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus agar kita dapat mengoptimalkan kinerja dan kesehatan mata kita.
Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk menjaga kesehatan mata saat telecommuting:

Perhatikan kualitas dan kelembapan udara

Kelembaban udara di dalam ruangan menjadi hal utama untuk menjaga kelembapan mata. Hindari penggunaan AC atau kipas angin yang mengarah langsung ke wajah Anda, karena dapat menghilangkan kelembapan dari udara di sekitar wajah Anda, membuat permukaan mata Anda lebih kering. Sensasi yang dirasakan saat mata menjadi kering adalah mata perih, merah dan menggumpal. Dalam keadaan yang sangat ekstrim, seseorang mungkin mengalami sensasi hangat dan kesemutan yang berlangsung selama beberapa menit sampai orang tersebut mengeluarkan air mata yang berlebihan untuk mengimbangi mata yang kering.

Sesuaikan kecerahan layar

Layar yang terlalu terang bisa membuat mata cepat lelah. Hal ini disebabkan oleh menyempitnya jendela mata (pupil), sebagai kompensasi dari berkurangnya jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Perbesar huruf di layar

Huruf besar di layar besar dapat membuat mata Anda rileks saat bepergian. Mata menggunakan kemampuan optiknya untuk fokus lebih sedikit jika objek atau teks yang dilihat cukup besar. Sangat disarankan menggunakan font yang lebih besar dari Times New Roman dengan ukuran lebih besar atau sama dengan 12.

Mengedip

Dalam keadaan normal, seseorang dapat berkedip setiap 3 detik tanpa menyadarinya. Berkedip diperlukan untuk menjaga permukaan mata tetap lembab. Konsentrasi tinggi saat bekerja dapat mengurangi tingkat kedipan. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih sering berkedip saat melihat layar.

Istirahat

Istirahat memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang penyembuhan segala penyakit atau kondisi buruk pada tubuh manusia. Istirahat diperlukan saat tubuh lelah. Mata juga perlu istirahat saat merasa lelah. Ketegangan mata bisa dialami jika seseorang pernah merasakan sensasi pegal-pegal di sekitar mata setelah seharian bekerja. Ada juga saran yang bisa dilakukan, seperti mengistirahatkan mata selama 20 detik saat mata sudah bekerja selama 20 menit dengan cara memejamkan mata atau melihat benda yang berjarak 20 kaki atau 6 meter.

Jadi sahabat, mari jaga kesehatan mata selama WFH di masa pandemi. Jika ada keluhan lagi, harap segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis segera. Salam sehat.

Referensi:

https://www.kacamataion.com/

Cara Menghadapi Gejala Menopause Yang Akan Terjadi

Cara Menghadapi Gejala Menopause Yang Akan Terjadi

Emanuelsandhu – Apakah Anda berusia 40 tahun dan bersiap untuk menopause? Menopause adalah suatu kondisi yang umumnya terjadi pada wanita yang mulai berusia 40 hingga 50 tahun.

Tidak semua wanita bisa mengalami menopause dengan mudah karena banyak masalah kesehatan yang muncul. Karena itu, Anda perlu bersiap menghadapinya dan tidak mengalami gejala menopause yang parah.

Cara Mempersiapkan Gejala Menopause

Berbagai perubahan fungsi tubuh akan terjadi saat Anda memasuki masa menopause. Ini sangat umum dan dialami oleh semua wanita berusia antara 40 dan 50 tahun. Beberapa gangguan yang bisa terjadi seperti:

  • Kalender menstruasi tidak teratur
  • Vagina mengering
  • Keringat malam
  • Gangguan tidur
  • Suasana hati mudah berubah dan sensitif
  • Osteoporosis
  • Kemampuan kognitif menurun

Semua kondisi ini bisa muncul saat menopause. Namun, jangan khawatir. Anda bisa meminimalkan dan meringankan semua kondisi ini dengan mempersiapkan diri sebelum timbulnya gejala menopause.

1. Terapkan gaya hidup sehat

Memulai pola hidup sehat sejak dini dapat meringankan gejala menopause yang akan muncul. Anda perlu berolahraga secara teratur untuk memperkuat tulang sehingga meminimalkan atau menunda osteoporosis. Berolahraga minimal 30 menit sehari bisa menguatkan tulang Anda.

Selain itu, konsumsilah makanan dan minuman yang sehat, seperti menghindari makanan tinggi lemak dan lebih banyak mengonsumsi makanan berserat serta sumber vitamin dan mineral.

2. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, dan tidur larut malam bisa membuat gejala menopause yang Anda alami semakin parah. Misalnya membuat tulang lebih rapuh. Bagaimanapun, kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika selalu melakukan ini, Anda juga berisiko terkena berbagai penyakit kronis.

3. Pelajari tentang gejala menopause

Sebelum memasuki masa menopause, sebaiknya Anda mengetahui gejala apa saja yang mungkin muncul saat ini. Selain mengetahui gejala menopause yang muncul, Anda juga harus mengetahui cara mencegah atau mengobatinya.

Apalagi jika mengalami gejala apapun, bahkan yang ringan sekalipun, sebaiknya segera mencari pertolongan medis. Ini untuk mencegah terjadinya gejala yang lebih serius.

Masa Transisi Sebelum Menopause

Seperti haid pertamanya, setiap wanita akan mengalami menopause pada waktu yang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya gejala menopause pada wanita, seperti gaya hidup, genetika, pola makan, stres, dan kesehatan secara umum.

Sebelum memasuki masa ini, wanita umumnya memasuki masa perimenopause, yaitu masa transisi menuju menopause. Memasuki masa ini, beberapa gejala mulai muncul, seperti perubahan jadwal menstruasi dan sensasi terbakar di tubuh (hot flashes).

Rata-rata wanita akan mengalami perimenopause selama sekitar 4 tahun, namun hal ini tentunya akan berbeda dari orang ke orang. Jika Anda sudah mempersiapkan diri untuk segala gejala menopause yang ada di luar sana, saat Anda memasuki masa ini, gangguan dan perubahan fungsi tubuh yang terjadi tidak akan terlalu parah.

Referensi:

Tips kesehatan

Penyebab anak susah tidur

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung

Emanuelsandhu – Cara menghilangkan komedo hitam di hidung jadi salah satu perihal yang sering dicari ketahui jawabannya oleh sebagian besar orang. Gimana tidak, komedo hitam sudah jadi salah satu keluhan yang sangat universal sebab dikira bisa mengusik penampilan.

Komedo sendiri pada dasarnya mencuat sebab terdapatnya penyumbatan pori- pori wajah yang diakibatkan oleh sel kulit mati, minyak, sisa make up, dan kotoran yang lain. Awal mulanya, komedo ini bercorak putih, namun sebagian di antara lain, paling utama yang terletak di dekat permukaan kulit, bisa berganti jadi bercorak kuning dan apalagi kehitaman. Perihal ini pada dasarnya terjalin sebab terdapatnya paparan dari hawa luar, dan proses oksidasi yang buatnya menghitam. Perihal ini setelah itu diucap pula selaku komedo hitam ataupun blackhead.

Pada dasarnya, cara menghilangkan komedo hitam di hidung memanglah tidak gampang dan pasti tidak praktis. Dalam perihal ini, dibutuhkan bermacam berbagai cara dan yang sangat berarti merupakan konsistensi dan kesabaran supaya bisa mencapainya. Berikut ini terdapat sebagian cara yang bisa Anda jalani untuk menghilangkan komedo hitam di hidung.

1. Cuci muka 2 kali sehari

Dikala ini, masih banyak yang sering mengabaikan berartinya cuci muka minimun 2 kali satu hari. Sementara itu, langkah yang satu ini ialah salah satu cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang sangat jitu. Cuci muka dalam perihal ini bisa menolong menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, sisa riasan, dan apalagi kuman yang menumpuk di pori- pori hidung.

2. Memakai pore strip

Ms glow acne adalah satu produk yang telah lumayan populer dan sering digunakan dalam menghilangkan jerawat dan komedo, spesialnya di bagian hidung merupakan pore strip. Produk ini bekerja dengan memakai perekat spesial untuk merobek sel- sel kulit mati dan juga kotoran pada permukaan hidung Anda. Walaupun begitu, hendaknya Anda lebih berjaga- jaga lagi terhadap pemakaian produk ini sebab sifatnya cenderung lebih kasar untuk kulit.

3. Tidak melupakan eksfoliasi

Cara yang lain yang bisa mengangkut sisa- sisa kotoran pemicu komedo di hidung merupakan dengan mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi dalam perihal ini berfungsi aktif dalam pengelupasan kulit dan terdiri dari 2 tipe yang dapat Anda seleksi, ialah physical ataupun chemical exfoliator. Contoh dari physical exfoliator merupakan pemakaian scrub yang bisa menggerogoti kotoran sumbatan pori- pori di wajah. Ada pula chemical exfoliator dalam perihal ini bisa masuk ke dalam kulit dan memecah sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang menutup pori- pori memakai bahan- bahan aktif semacam AHA, BHA, dan PHA.

4. Menjauhi produk memiliki minyak

Tidak cuma kotoran, minyak juga bisa jadi salah satu perihal yang menutup pori- pori Anda sehingga menimbulkan terbentuknya komedo hitam. Untuk itu, supaya minyak di wajah tidak kelewatan dan menimbulkan komedo, cobalah untuk menjauhi produk kosmetik yang memiliki minyak. Kebalikannya, memilih bahan- bahan dengan label non- comedogenic, yang pada biasanya mempunyai lebih sedikit minyak.

5. Mengendalikan pola makan

Siapa yang menyangka kalau nyatanya santapan yang disantap juga bisa sangat mempengaruhi munculnya komedo hitam di hidung. Perihal ini merupakan benar terdapatnya, dan oleh sebab itu hendaknya jangan disepelekan. Makanan- makanan yang besar gula dan lemak, maupun produk olahan susu ialah jenis- jenis santapan yang wajib dihindari dalam diet Anda sebab bisa merangsang munculnya komedo. Kebalikannya, cobalah untuk komsumsi lebih banyak buah dan sayur yang baik untuk kesehatan.